1. Beranda
  2. /
  3. Profil
  4. /
  5. Arti Lambang
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

Pataka Divisi Infanteri 3 Kostrad ” Darpa Cakti Yudha ” melambangkan bahwa setiap prajurit Divisi Infanteri 3 Kostrad merupakan prajurit-prajurit pilihan yang memiliki jiwa korsa yang kuat, kemampuan, ketajaman dalam bertindak dan kesiapan dalam melaksanakan tugas yang diemban tanpa mengenal menyerah untuk mencapai kemenangan di setiap pertempuran serta dilandasi jiwa Sapta Marga serta keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap pengabdian kepada bangsa dan Negara.

Arti dan Makna

A. Pataka

     1)     Lukisan.

             a) Bintang bersudut lima merupakan lambang dari sila pertama dalam Pancasila. Yaitu Ketuhanan YME yang bermakna prajurit Divisi Infanteri 3 Kostrad selalu berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dalam setiap pengabdian kepada bangsa dan negara.

             b) Pisau   sangkur   terhunus   berwarna   hitam   melambangkan senjata pamungkas setiap prajurit yang bermakna prajurit Divisi Infanteri 3 Kostrad merupakan prajurit pilihan yang memiliki ketajaman dalam bertindak dan kesiapan dalam melaksanakan tugas.

             c) Sayap membentang (Para) melambangkan kemampuan yang dimiliki satuan ini diantaranya kemampuan lintas udara dengan kecepatan   yang   dimiliki   dalam   menghadapi   setiap   tugas   yang diemban.

             d) Bunga  teratai  berwarna  merah  melambangkan  watak  kokoh berani yang mandiri, berkembang, memberikan semarak pada lingkungan dan senantiasa bertekad untuk berbuat yang terbaik.

             e) Tali melingkar berwarna kuning melambangkan esprit de corps atau jiwa korsa yang kokoh dan kuat antar prajurit.

             f) Lingkaran dengan gambar lidah api yang berwarna hitam dan merah dengan tepi warna kuning, pada tumpal di dalamnya terdapat 7 nyala  api  berwarna  merah  yang  melambangkan  semangat pengabdian yang dilandasi jiwa Sapta Marga dan pada tumpal yang berada di luar terdapat 3 nyala api berarti 3 watak/pendirian hidup yang sakti/ampuh yaitu manfaat, pengabdian dan kemauan.

            g) Pita berwarna hitam bertuliskan ”DARPA CAKTI YUDHA” yang memiliki arti sebagai berikut :

                           (1)      DARPA berarti kebanggaan.

                           (2)      CAKTI berarti unggul atau ampuh.

                           (3)      YUDHA berarti pertempuran atau peperangan.

               Arti  keseluruhan  adalah  satuan  yang  penuh  kebanggaan karena dilandasi dengan semangat prajurit yang tidak mengenal menyerah dalam mencapai kemenangan di setiap pertempuran.

 

       2)      Arti Tata Warna.

              a) Merah melambangkan keberanian.

             b) Hitam melambangkan keteguhan dan ketenangan.

              c)  Hijau melambangkan kedamaian dan harapan.

              d) Kuning emas melambangkan kejayaan dan kebijaksanaan.

 

B. Mahkota dan Tiang.

 

1)       Burung  Garuda  akan  terbang.       Melambangkan  bahwa  TNI  AD sanggup terbang tinggi menuju cita-cita.

2)       Delapan buah hiasan pada pangkal landasan.  Melambangkan bahwa TNI AD dalam berperilaku berpedoman pada Delapan Wajib TNI.

3)       Jambul/jengger lima lekuk.  Melambangkan   sebagai   hari   lahirnya Tentara Nasional Indonesia tanggal 5 Oktober.

4)       Bulu sayap bagian dalam 10 helai dan bulu sayap bagian luar 17 helai.   Melambangkan   bulan   yang   bersejarah   bagi   TNI   dan   tanggal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

5)       Bulu ekor tujuh helai.   Melambangkan bahwa setiap prajurit TNI ADselalu memegang teguh Sapta Marga.

Populer